Menjadi Ibu Berdaya, Bukan Soal Fasilitas..

Ada teman yang hidupnya enak banget. Pas dia cerita perjalanan hidupnya semasa kecil hingga dewasa, yang lain melongo. Hidup berkecukupan, fasilitas belajar lengkap, kesempatan mencoba aneka ragam aktivitas terbuka. Dia memanfaatkan semua akses yang terbuka lebar dengan sebaik-baiknya. Setelah dewasa menikah dengan pasangan yang 11 12. Ga jauh beda.

Bagaimana kehidupannya saat ini? Oh dia baik-baik saja, bahkan mempunyai segudang prestasi yang ga kaleng-kaleng. Ga kaya banget kayak miliarder, tapi semuanya punya, dan jadi disegani banyak orang karena sosoknya kharismatik. Di tengah masa lalunya yang serba nyaman, ia bisa membuktikan dirinya juga berjuang hingga sampai di titik ini.

Lalu ada teman juga, yang hidupnya sederhana sekali. Untuk bisa makan tiga kali sehari, ia mesti sangat berhemat dengan menu satu lauk atau satu sayur. Kalau mau baca buku di luar pelajaran sekolah, dia mesti ke perpustakaan daerah yang akses kesana dengan berjalan kaki sekitar 7 km. Setelah dewasa, lha ya jodoh ga jauh berbeda, kondisinya sama-sama sederhananya.

Bagaimana kehidupannya saat ini? Baik-baik juga. Dia memiliki lingkaran pertemanan yang se-frekuensi. Perjuangannya di tengah keterbatasan memunculkan ketangguhan dan kemauan kuat untuk belajar serta menaikkan kapasitas dirinya. Hidupnya masih sederhana, namun tidak membuatnya rendah diri. Justru orang melihatnya sebagai sosok yang menginspirasi dengan setiap perjuangan-perjuangannya.

Kedua teman ini, sama-sama mengetahui tujuan hidupnya. Mereka sadar, bahwa bukan fasilitas yang menjadikan seseorang itu berhasil. Fasilitas memang memudahkan, tapi ada skill kehidupan yang perlu dikuasai seiring dengan pengalaman hidup. Keahlian mengenal diri sendiri, memecahkan masalah, berani mengambil keputusan, berpikir kritis, dan punya daya lenting yang tinggi.

Kedua teman ini, merepresentasikan IBU BERDAYA, IBU YANG MEMILIKI KESADARAN PENUH dan TAHU PERSIS APA YANG IA INGINKAN DALAM HIDUPNYA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *