Ibu dan Urusan Makanan

Dunia ibu itu ga bisa banget lepas dari per-makanan. Begitu anak udah mulai mpasi, eksplore dunia makanan anak mulai berwarna.

Keseruan di dapur, ga jarang jadi potek ketika ternyata anak fokus pada GTM-nya. Rasa-rasanya setiap ibu mengalami hal ini. Pengalaman yang sama tapi menimbulkan efek berbeda bagi tiap ibu. Ada yang panik, bahkan jadi depresi, atau biasa-biasa saja. Apapun responnya, insting ibu itu tidak membiarkan anaknya kelaparan.

Masakan menu lima bintang tentu saja ideal untuk anak-anak. Namun ga masalah lho punya stok makanan cepat saji. Hah? Seriusan? Buat anak lho..
Iya, seriusan. Stok makanan cepat saji bisa jadi senjata rahasia agar anak bisa mengalihkan perhatian dari GTM-nya. Coba saja dibayang-bayangkan anak lahap makan tanpa drama, ga pake lama, langsung satsetsatset. Ibu hepi? Iya dooonggg.. Kalau ibu hepi, ibu jadi pasang wajah ramah ke anak. Anak liat ibunya hepi, jadi ikutan hepi, dan rasa-rasanya dunia jadi damai yaaa..

Merasa bersalah karena terus-terusan ngasi menu cepat saji? Dicoba saja bikin sendiri. Dengan bikin sendiri, komposisi bahan bisa kita atur sedemikian rupa dan tentunya bisa menhindar dari zat-zat pengawet. Aneka macam nugget bisa dikreasikan, dari nugget tahu, nugget ayam, nugget ikan dll. Tambahan bahan wortel, bayam, brokoli, dll. Aneka patty burger, ayam pokpok, schotel macaroni, dll. Resep untuk pemula biasanya simple dan anti gagal, ibu bisa mencoba gugling.

Ada begitu banyak aktivitas yang perlu dilakukan ibu. Berjibaku dengan makanan tak harus diperumit dengan menyiksa diri dengan kesempurnaan. Rutinitas memasak bisa dimaknai kembali, untuk apa sesungguhnya ibu memasak?Eksplorasi memasak bisa menjadi sebuah kreasi seru tanpa batas bagi ibu. Bahkan pada suatu waktu, bisa jadi aktivitas memasak malah jadi sumber income bagi ibu dan keluarga.

Anak terpenuhi asupan gizinya, maka ibupun bahagia. Aktivitas berikutnya bisa dilewati dengan penuh antusias dan bermakna. Menjadi ibu, tak harus sempurna, tak harus seperti ibu yang lainnya. Sebab setiap orang memiliki sumber daya dan pengalaman yang berbeda-beda. Ibu berdaya tahu persis apa yang ia inginkan dalam hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *