Kang Buku

Apa hal yang mempengaruhi kita dalam memilih buku?
1. Manfaat isi buku
2. Spesifikasi
3. Tampilan
4. Harga
5. Ke-empatnya 😄

Memilih buku ‘sakjane’ ya sama dengan memilih baju atau perlengkapan dapur. Ga cukup cuma lihat satu atau dua poin saja. Apa yang saya dapat kalo baca buku ini? Persisnya spesifikasinya seperti apa? Real pict-nya mau lihat ya kak. Hhmmm… harganya berapa?

Buku merupakan salah satu sumber ilmu. Maka’e perlu cerdas dalam memilih buku. Mau baca buku siroh misalnya, ga cukup hanya dengan poin supaya tahu kisah siroh. Perlu referensi yang lebih detil, seperti: buku ini nanti dibaca oleh siapa saja, isinya apa saja, penampakan bukunya seperti apa, dan harganya berapa. Juga testimoni pembacanya bagaimana.

Untuk buku-buku premium, biasanya saya suka konsultasi dulu sebelum membeli. Mencocokkan produk dengan kebutuhan bacaan keluarga. Ini penting karena kaitannya sama value keluarga. Konsultasinya sama siapa? Kalo sama sales buku mah ujung-ujungnya semua buku dia ditawarin. Eeeiiittsss… ga jugaaa… ga semua kang buku seperti itu. Kang buku yang cerdas, hanya akan merekomendasikan buku-buku yang dibutuhkan oleh customernya. Sebab ia tahu, buku hanya akan berfungsi sebagai sumber ilmu jika dibaca. Tanpa ada kebutuhan untuk membaca buku, maka memiliki buku adalah kesia-siaan belaka.

Sebaiknya tiap keluarga punya kang buku kesayangan yang bisa dimintai rekomendasi seputar buku, sebagai upaya mengurangi kesalahan pemilihan buku. Jadi, udah punya kang buku kesayangankah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *