Bikin Anak Suka Baca Buku itu Gampang

Bacain saja buku untuk mereka setiap hari di waktu yang sama dengan durasi awal 10-15 menit. Nanti secara bertahap, biasanya waktunya auto bertambah dengan sendiri.

Sering ga mbaca paragraf di atas? Trus muncul pertanyaan: beneran ga sih itu?

Well, ku bisa bilang kalo itu bener banget, tapiiiiii.. teman-teman JANGAN PERCAYA TERLALU CEPAT. Teman-teman perlu membuktikannya sendiri untuk mempercayai kebenarannya.

Coba saja praktek dulu, eksperimen bacakan buku ke anak selama 30 hari. Di hari terakhir, bisa di evaluasi, berapa % kenaikan minat anak pada aktivitas baca buku. Jika ternyata naiknya 20% dan bagi teman-teman terasa kurang signifikan, coba di cek kembali unsur-unsur pendukung lainnya, mana-mana yang perlu ditambah, mana-mana yang dihilangkan.

Lho ada unsur pendukung? Apaan itu? Ya misal, penampakan serta konten bukunya menarik ga buat anak-anak. Proses kita mengkondisikan anak-anak untuk dibacain buku juga perlu diperhatikan, “diam ya, kalo ga diem, bunda ga mau bacain buku.” Atuhlah pake ngancem, kan jadi horor anaknya. Selain itu unsur keteladanan juga membawa pengaruh. Seberapa sering kita sedang dalam kondisi membaca buku yang terlihat sama anak-anak.

Yang jelas, keinginan akan tetap jadi keinginan kalau tidak ada upaya mewujudkan. Punya harapan anak-anak suka baca buku, akan tetap jadi harapan, kalau tidak ada upaya untuk menstimulus anak-anak agar suka baca buku. Daaaannnn… cara yang paling mudah, bisa baca paragraf pertama tulisan ini yaaa ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *