Liburan di Rumah, Ngapain Saja?

Liburan semester ganjil tiba, anak-anak ribut mau kesana dan kesini. Menyusun agenda kemana saja liburan kali ini. Tapi ga semudah itu ferguso, heuheuu…

Kenyataannya, liburan di bulan Desember, biasanya adalah masa-masa sibuk ibunya (alias saya :P). Dua pekan terakhir di tahun 2022, sangat mungkin terjadi, tidur menjadi aktivitas langka. Masa-masa deadline akhir tahun. Ada yang senasib? Cung hand yak, wkwkkwkk.. nyari temen..

Mengkondisikan anak-anak yang energinya luar biasa dan makin bertambah di masa liburan untuk mau liburan di rumah, bukan hal yang mudah. Tapi bisa kok kita upayakan.

Pertama, komunikasikan pada anak-anak, mengapa liburan kali ini tetap di rumah saja. Utarakan alasan yang sesungguhnya, jangan sekali-kali mencari alasan yang tidak pernah ada. Katakan pada anak-anak, bahwa kita juga sangat menginginkan liburan di luar rumah, tapi untuk saat ini, tidak bisa dilakukan. Biasanya kondisi ini terjadi karena tiga alasan utama. Kesibukan orangtua, keterbatasan dana, atau kondisi fisik salah satu anggota keluarga sedang tidak sehat.

Kedua, susun alternatif aktivitas anak selama di rumah bersama anak-anak. Merencanakan kegiatan bersama anak akan membuat anak bahagia karena merasa pendapatnya dihargai. Serta membuat anak jadi lebih bersemangat untuk mengeksekusi rencana yang sudah ia susun.

Ketiga, sesibuk-sibuknya kita, selalu upayakan ada agenda yang dilakukan bersama bersama anak setiap hari. Hah? Setiap hari? Iyaa.. setiap hari, di luar agenda makan dan atau tidur bersama. Bagaimanapun, anak-anak adalah peniru ulung. Mereka akan menyerap apa yang kita tunjukkan dalam keseharian, dan menginternalisasikan ke dalam karakter mereka. Terbayang ya, jika kita tidak sedikitpun membangun bonding dengan anak-anak setiap hari. Ketidak pedulian kita menjadi karakter yang mereka tiru.

Ragam Aktivitas Anak di Rumah Selama Masa Liburan

Penting buat kita untuk menjaga kedekatan bersama dengan anak-anak, apapun aktivitas yang sedang mendominasi waktu kita. Dari banyaknya ragam aktivitas yang bisa anak-anak lakukan, kita bisa menyempilkan diri untuk terlibat bersama mereka. Keterlibatan kita akan menumbuhkan kepercayaan diri anak-anak.

Rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak-anak setiap hari.

Masa liburan bagi anak-anak, sudah seyogyanya menjadi masa yang menyenangkan dimana mereka bisa beraktivitas sesuai keinginannya. Namun tetap perlu kita beri batasan, agas tidak kebablasan. Edukasi dan monitoring aktivitas anak-anak tetap jadi prioritas yaaa. Jadikan setiap aktivitas anak sebagai jalan untuk mereka bertumbuh menjadi produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *