Buku Panduan Orang Tua

Photo by Sri Wulandari
  • Judul buku: Muhammad Teladan Sepanjang Zaman jilid Panduan Orang Tua
  • Pengarang: Halfino Berry, dkk
  • Penerbit: Sygma Media Inovasi
  • Cetakan pertama: Oktober 2021
  • ISBN: 9786236075241
  • Tebal halaman: 48 halaman
  • Lebar: 21 cm
  • Panjang: 27 cm
  • Berat: 410 gram

Perlu ya orang tua itu dipandu? Kan ini cuma mbacain buku doang. Atau kalau anake udah bisa baca, tinggal nyuruh mbaca ae, beres urusan.
Ini yang terpikir ketika membaca spesifikasi paket buku anak premium. Buku panduan ini seolah sudah jadi konten wajib yang ada pada jenis paket buku anak premium, meski saya juga pernah mendapati ada juga paket buku anak yang tidak memiliki konten ini.

Kali ini saya mengulas buku panduan orang tua yang ada dalam paket buku Muhammad Teladan Sepanjang Zaman. Membacanya pertama kali, saya langsung takjub. MasyaAllaah.. aslik, ini buku te o pe banget. Secara keseluruhan, buku ini ditulis oleh Halfino Berry, dkk. Paket Buku Berakhlak Mulia juga merupakan hasil karyanya.

Dari sisi penyajian, jauh dari membosankan. Tata letaknya (layout) sangat memenuhi unsur keterbacaan, mata merasa nyaman membaca tiap halamannya. Ilustrasinya juga menarik, mengundang imaji berkelebat. Sementara jenis dan ukuran font, lagi-lagi, memenuhi unsur keterbacaan.

Bahasanya mudah dipahami. Terstruktur sekaligus indah. Pilihan katanya nyastra tapi tetap dengan memperhatikan pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia.

Isinya berbeda dengan buku panduan orang tua lain yang pernah saya temui, di sini di ulas dengan sangat lengkap dan detail. Mulai dari konsep produk, visi dan misi produk hingga spesifikasi, digambarkan dengan terinci.

Lalu ada petunjuk penggunaan produk. Di bagian ini orang tua diajak untuk memasang state mencintai Rasulullaah terlebih dahulu sebelum kemudian secara pararel, mengajak anak-anak untuk juga mencintai Rasulullaah. Orang tua diberikan tips bagaimana cara mengenalkan Rasulullaah pada anak-anak. Orang tua juga diberikan metode mendidik anak ala Rasulullaah.

Di halaman awal, orang tua bisa menemukan apa kata para ustad tentang Buku Muhammad Teladan Sepanjang Zaman, yang dari ulasan beliau semua, orang tua bisa menambah keyakinan pada diri, bahwa mengenalkan literasi siroh pada anak-anak adalah sebuah keniscayaan. Sebuah langkah yang benar, untuk membentuk akhlak karimah pada diri kita sendiri, dan terutama diri anak-anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *